Penuhi Kuota, Untad Buka Seleksi Khusus

Tiga jenjang penerimaan mahasiswa baru telah dilaksanakan. Namun, kuota mahasiswa di beberapa program studi belum terpenuhi. Atas dasar inilah, Universitas Tadulako (Untad) kembali membuka Jalur Seleksi Khusus Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SKMPTN), sejak tanggal 25 sampai 29 Juli.

Wakil Rektor (Warek) Bidang Akademik (Bidak) Untad, Prof. H. Hasan Basri, MA., Ph. D., menegaskan bahwa penerimaan kali ini tidak dibuka secara keseluruhan. Melainkan, hanya beberapa program studi saja.

“Itu pun program studi yang kuotanya belum terpenuhi seratus persen,” ujar Prof. Hasan.

Idealnya, kata Prof. Hasan, kuota mahasiswa sebenarnya harus terpenuhi dari hasil tiga jenjang seleksi yang telah dilakukan. Namun, cukup banyak mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang pada jalur SNMPTN dan SBMPTN.

“Sehingga dari jumlah yang ditargetkan, belum memenuhi kuota di masing-masing program studi,” jelas Prof. Hasan.

Pada jalur SMMPTN atau jalur lokal, kekurangan tersebut telah diantisipasi. Namun, setelah melihat pengumuman hasil seleksi, masih ada beberapa program studi yang kuotanya belum terpenuhi, yaitu: Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Ilmu Hukum, Ekonomi Pembangunan, Antropologi, Agroteknologi, Kehutanan, Matematika, Biologi, Kimia, Statistik, Peternakan, dan Budidaya Perairan.

“Sehingga, kembali dilakukan penerimaan mahasiswa baru di beberapa program studi itu,” ujar Warek Bidak.

Sistem penerimaan sendiri, jelas Prof. Hasan, mahasiswa cukup mendatangi loket pendaftaran di BAKP Untad dengan memperlihatkan kartu peserta SMMPTN.

“Jadi kami tidak menerima pendaftaran yang baru. Artinya, mahasiswa yang kami terima adalah mahasiswa yang belum lulus di SMMPTN lalu. Bukan mahasiswa yang baru akan mendaftar,” tutup Prof. Hasan.